[Repost Inspirasi UGM] Mahasiswa Berprestasi UGM 2015

Personal Journal / April 12, 2015


Repost from Inspirasi UGM: 

 
It was an awesome once-in-a-lifetime experience in my college years. This actually started out by a random push from my faculty to represent my major! I was never really confident and I think this university always has the brightest students.
 
From the selection of faculty representatives, top 10 finalist, until the grand final, I realize it doesn’t come to winning the title. For me, it’s actually to measure how far I’m brave enough to challenge myself. Because this is simply WAY out of my comfort zone!!! And I am happy enough I got to be trusted by people around me and being challenged by this opportunity. Above all, that I think would always be cherised until we’re old are the brightest people inside it that I got the change to meet. ✨
 

_____

 

Yogyakarta – Sabtu, 4 April 2015 telah dilaksanakan Grand Final Seleksi Mahasiswa Berprestasi UGM yang dikemas dalam acara Super Camp 2. Acara ini dilangsungkan di Auditorium Fakultas Kedokteran UGM. Dalam acara ini, terdapat 10 finalis mahasiswa berprestasi dari program S-1 yang telah lolos dalam seleksi Super Camp 1 yang diselenggarakan pada 21 Februari 2015, serta 4 mahasiswa berprestasi program diploma UGM yang telah mengikuti proses seleksi internal di Sekolah Vokasi.

Kesepuluh finalis tersebut adalah Dian Yuanita Wulandari (Fakultas Kehutanan), Dianty Widyowati Ningrum (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik), Indriani Pratiwi (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik), Karima Afandi (Fakultas Farmasi), Muhammad Nabil Satria Faradis (Fakultas Teknik), Muhammad Rizki (Fakultas Hukum), Nabila Afif (Fakultas Teknik), Nurul Aisya Berylia (Fakultas Psikologi), Ricky Sudiarto Putra (Fakultas Teknik), dan Sabrina Woro Anggraini (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Beserta empat finalis Mahasiswa Berprestasi UGM 2015 program diploma yaitu Syamsa Midar Laksmiasa, Tiffany Carina Oriordan, Tri Cahyono, dan Wirdatul Aini.

Panitia Seleksi Mahasiswa Berprestasi UGM berasal dari Komunitas Mahasiswa Berprestasi (KOMMAPRES) UGM dan Gadjah Mada Inspiration Forum (GMIF) Angkatan ke-2.  Seleksi Mahasiswa Berprestasi UGM tahun ini terdiri atas dua tahapan yakni Super Camp 1 untuk memilih 10 besar mahasiswa berprestasi perwakilan fakultas, dilanjutkan dengan Super Camp 2 yang diselenggarakan untuk memilih 2 mahasiswa terbaik UGM dari program S-1 dan Diploma yang akan menjadi perwakilan UGM dalam ajang seleksi Mahasiswa Berprestasi Nasional oleh DIKTI.

Sebelum memasuki tahap seleksi kemampuan berbahasa Inggris dan presentasi karya tulis ilmiah, para finalis telah mengikuti tes kepribadian yang dilakukan oleh dosen psikologi UGM. Pada tes kepribadian ini, peserta digali karakter dan kepribadiannya sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk keputusan akhir juri. Mahasiswa berprestasi tidak hanya baik dalam tataran prestasi dan akademik, namun harus berkarakter dan memiliki kemauan untuk berkontribusi untuk negeri. Selain itu, pada seleksi tahun ini juga dibuka pemungutan suara untuk memilih mahasiswa berprestasi terfavorit. Setiap mahasiswa UGM dapat memilih mahasiswa berprestasi terfavorit dengan memasukkan NIU (Nomor Induk Universitas) secara online. Hal ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa UGM untuk turut aktif dan meningkatkan antusiasme dalam seleksi mahasiswa berprestasi.

Pada Supercamp 2 ini, seleksi dilakukan dengan sistem kompetisi terbuka yang dapat disaksikan langsung oleh seluruh mahasiswa UGM. Selain itu, setiap peserta diwajibkan untuk membawa pendukung (Supporter) yang menyaksikan seluruh rangkaian acara seleksi Super Camp 2. “Hal ini sebagai upaya transparansi, sosialisasi, sekaligus menyemarakkan dan meningkatkan antusias mahasiswa UGM terhadap ajang mahasiswa berprestasi”, ujar Muhsin Al Anas selaku ketua Keluarga Mahasiswa Berprestasi UGM (KOMMAPRES UGM). Pada acara ini perwakilan seluruh lembaga mahasiswa baik pada tataran fakultas maupun universitas diundang untuk menghadiri acara ini. Tercatat ada 304 undangan dikirimkan kepada BSO, UKM, dan berbagai komunitas di UGM.

Acara dibuka secara resmi oleh  Sidik Purnomo, S.IP., M.Si. Kepala sub-direktorat Kelembagaan dan Kegiatan Mahasiswa UGM, dilanjutkan dengan tes Bahasa Inggris yang dilangsungkan secara panel antarfinalis. Peserta diuji kemampuan Bahasa Inggris dengan diberikan mosi secra undian berdasarkan topik nasional dan internasional terhangat saat ini. Selanjutnya finalis lain diberikan kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada finalis yang sedang mempresentasikan kemampuan bahasa Inggrisnya. Selain untuk menguji kecakapan Bahasa Inggris, model seleksi ini juga sebagai bentuk adaptasi dan persiapan mental menghadapi seleksi mahasiswa berprestasi nasional.

Setelah mengikuti seleksi Bahasa Inggris, finalis mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang telah dibuatnya di hadapan dewan juri dan penonton. Setiap finalis diwajibkan untuk membuat karya tulis ilmiah yang berisi solusi berbagai permasalahan di Indonesia berdasarkan bidang ilmu para finalis. KTI ini juga digunakan sebagai salah satu persyaratan sekaligus unsur penilaian dalam proses seleksi mahasiswa berpresatsi di samping prestasi, kemampuan Bahasa Inggris, Indeks Prestasi Kumulatif, dan klarifikasi Curriculum Vitae.

 

 

Setelah mengikuti seleksi yang cukup panjang dan diskusi oleh tim juri, mengingat semua 10 besar finalis adalah mahasiswa terbaik dengan sederet prestasi nasional dan internasional yang tidak dapat diragukan lagi kredibilitasnya. Akhirnya dipilihlah juara mahasiswa berprestasi UGM, yaitu:

Mahasiswa Berprestasi UGM Program S1:

Dianty Widyowati Ningrum (Juara 1)

Sabrina Woro Anggraini (Juara 2);

 

Mahasiswa Berprestasi UGM Program Sekolah Vokasi :

Tri Cahyono (Juara 1)

 

Syamsa Midar Laksmiasa (Juara 2);

 

Mahasiswa Berprestasi UGM Terfavorit:

Muhammad Nabil Satria F. (Program S1) dan Tiffany Carina Oriordan (Program D3)

 

Dianty Widyowati Ningrum dari FISIPOL jurusan PSDK sebagai Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana dan Tri Cahyono dari  Program D3 Manajemen akan mewakili UGM dalam kompetisi pemilihan mahasiswa berprestasi nasional pada bulan Juni mendatang. Harapannya UGM dapat mempersiapkan kedua mahsasiswa ini sebaik-baiknya sehingga dapat merebut juara nasional.

 

*Oleh : Siti Mariyam