SAKA UGM Juara Umum Festival Folklore di Praha, Ceko

Culture , Czech Republic / December 2, 2015


 

Sanggar Kesenian Aceh (SAKA) UGM berhasil membawa pulang dua penghargaan dalam kompetisi XXII International Art Festival Prague Stars di Praha, Republik Ceko, yakni “1st Place Grand Prix Winner, Highest Valuable Prize for Folklore Category” dan “Best Art Director” pada, 4 November 2015.

Ketua delegasi SAKA UGM, Aulia Jasmine mengatakan pada kompetisi ini SAKA UGM menampilkan Tari Likok Pulo untuk lomba dan Tari Rampoe pada awarding night. Kedua tari ini dibawakan secara terpisah oleh penari laki-laki dan perempuan.

“Kompetisi ini diikuti oleh 39 partisipan dari berbagai negara di dunia seperti India, Bulgaria, Rusia, Latvia, Ceko, Spanyol, dan masih banyak lagi,” papar Jasmine dalam siaran persnya, Jumat (6/11).

Ia menambahkan timnya telah mempersiapkan penampilan mereka selama 4 bulan lebih sebelum akhirnya siap untuk berangkat. Selain mengikuti ajang kompetisi XXII International Art Festival Prague Stars, SAKA UGM juga akan mengikuti rangkaian festival pada kota yang sama, yaitu XVIII International Folklore Festival in Prague.

“Melalui prestasi ini diharapkan Indonesia kian percaya diri dalam menunjukkan budayanya kepada dunia,” imbuhnya.

Menurut Jasmine prestasi yang diraih ini juga tidak lepas dari dukungan UGM, Kemenpora, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, KAGAMA dan KBRI di Republik Ceko (Humas UGM/Satria)

 

Source: https://www.ugm.ac.id/id/berita/10638-saka.ugm.juara.umum.festival.folklore.di.praha.ceko

 

Bonus: Some Behind the Scenes Pics—Meeting cute European kids

Backstage

Ditengah-tengah kesibukan kami mempersiapkan make up, kostum, dan lain-lain. Kita ketemu sama segerombolan anak yang lucu banget! Anak-anak ini juga ikut kompetisi untuk kategori kids. Kami gemes banget dengan perilaku dan kostum mereka, dan mereka juga terlihat kagum melihat kostum kami yang tidak biasa bagi mereka. What a way to experience culture shock!

Bonus On-Stage Pics

Setelah kami semua tampil, kami duduk di bangku penonton untuk menyaksikan pertunjukkan peserta dengan nomor urut selanjutnya. Memang waktu itu bener-bener cuma sempat ambil sedikit foto performance kontestan lain, dan cuma ini yang saya temui di harddisk saya untuk sekarang. They were super cute anyway!

 

Traveling to a new place, meeting new people & culture, while promoting Indonesian culture to the world.

 

Cheers,

Sabrina Anggraini