Traveling Sambil Mengajar di Pulau Pisang #NgajarItuKeren

Local Experience , Volunteer , West Sumatera / May 20, 2017


Waktu long weekend tiba, saya tahu saat itu saya lagi butuh sweet escape buat nge-explore keindahan alam yang ada di Indonesia. Namun, saya bersyukur karena memutuskan untuk menggunakan waktu saya untuk traveling sambil melakukan kegiataan bermanfaat bersama sebuah NGO, yaitu Generasi Emas Nusantara (Gen Indonesia) melalui kegiatan Pekan Nusantara di Pulau Pisang, Lampung Barat.
 
Kami melakukan kegiatan Pekan Nusantara, yaitu volunteering selama 4 hari 3 malam di Pulau Pisang, tepatnya di Pesisir Barat Lampung untuk melakukan kegiatan mengajar ke anak PAUD hingga SD dan kegiatan volunteering lainnya.
 
Disini saya ingin #CeritaRelawanGEN dengan menuliskan beberapa highlight dari kegiatan kami selama berada di Pulau Pisang;
 

Mengajar siswa dan siswi SD Pasar

Hanya ada 2 sekolah SD di Pulau Pisang, yaitu SD Pasar dan SD Labuhan. SD Pasar adalah SD paling besar dan terletak di tengah-tengah pulau. Di Pulau Pisang, kami terbagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing ditugaskan untuk mengajar siswa PAUD, SD Pasar serta SD Labuan. Diluar itu, hanya ada 1 SMP di Pulau Pisang karena kebanyakan dari mereka merantau setelah mereka lulus SD. Saya dapat kesempatan untuk mengajar anak kelas 5 SD di SD Pasar bareng 2 teman saya. 
 
Kita sadar bahwa yang kami miliki bareng murid-murid gak banyak, jadi kami tertantang untuk memberikan materi seinteraktif mungkin! Harapannya sih biar berkesan, teringat terus oleh mereka dan pastinya jadi bermanfaat. Kegiatan yang kami lakukan di kelas pun beragam, mulai dari memberikan materi pengetahuan umum, hingga menutup kelas dengan kegiatan seru seperti belajar cara bikin bola-bola coklat.
 

Anak-anak SD Pasar berbaris di depan sekolah sebelum kegiatan mengajar di mulai. Saat itu hanya siswa kelas 5 dan 6 SD yang menggunakan seragam

 

 
 
 

Beginilah kira-kira reaksi mereka kalo ditanyain, pasti ada cengar cengirnya 😛

 

Jujur, ternyata murid kami pinter-pinter banget! Mereka cukup cepat tanggap dalam menanggapi pertanyaan kami, baik dari pertanyaan dari materi pengetahuan umum, sampai tau-tauan aja jawaban teka-teki jebakan kami yang diberikan saat games. Kami sangat salut dengan semangat mereka untuk aktif mengikuti kelas bersama kami.

 

Menutup kelas dengan selfie bareng anak-anak dan teman-teman pengajar, Nisa & Lala

 
 
 

Bikin bola-bola coklat aja pada kompetitif buat bisa bikin yang paling bagus!

 

 

SD Negeri Pasar, Pulau Pisang

 

Tim yang mengajar di SD Labuan

 

Kelas Inspirasi

Di kelas inspirasi ini, kami sharing soal profesi-profesi yang ada mulai dari secara umum hingga profesi kita masing-masing. Disini anak=anak juga bebas bercerita soal mimpi dan cerita mereka masing-masing.
 
Kelompok saya memilih buat mengajar di spot Pesisir Pulpis yang sangat indah. Profesi yang anak-anak ini inginkan sangat beragam, mulai dari polisi, tentara, bidan, bahkan ada yang bilang dia ingin jadi direktur!
 

Teman saya, Nisa, sharing mengenai manfaat menjadi Entrepreneur atau Wirausahawan

Yak pindah tempat karena pesisir pulpis makin siang makin menyengat panasnya

 
 
Saat kami selesai, kami meminta siswa untuk sekedar sharing pesan yang ingin mereka sampaikan ke kakak-kakaknya berhubung esok hari kami sudah harus pulang. Namun siapa sangka, salah satu murid pertama yang maju sambil mengeluarkan air mata dan mengatakan terima kasih untuk ilmunya. Siswa lain pun ada yang berkata kepada kami untuk jangan melupakan Pulau Pisang dan mampir lagi lain kali.
 
Suasana tersebut seketika membuat kami terharu dan gak nyangka. Kami pikir kami baru menghabiskan waktu bersama mereka selama 2 hari yang gak terlalu lama. Hal ini membuat kami tersadar akan satu hal, bahwa mungkin bagi orang diluar sana, kegiatan mengajar 2 hari itu tidak akan ada efeknya. Namun bagi anak-anak ini, tentu ini berarti sesuatu buat mereka jika dilaksanakan semaksimal mungkin.
 

Membuat “Papan Kata” dan Taman Baca

Selain mengajar, kami juga melakukan kegiatan lain untuk membuat papan quote untuk ditempel di sekitar desa. Lalu kami juga memangun taman bacaan di SD Pasar dan mengisinya dengan buku-buku sumbangan yang sudah kami bawa selama di perjalanan.

 

Udah lama ga ngelukis langsung pake cat, jadi mencoba kreatif aja deh

 
 

 

 

Movie Night

Di hari terakhir kami, warga membantu kami mengumpulkan murid-murid untuk berkumpul semua di SD Pasar dan melakukan screening film bareng. 
 

Main games sebelum screening sambil ngumpulin anak-anak

 
 
 
 
 
 
 

 

Walaupun tim saya ga ikut foto saking spot kelas inspirasi kita jauh jadinya terlupakan, tapi gapapa lah ya

 
 
Pada akhirnya, traveling bisa banget kok diiringi sambil melakukan kegiatan bermanfaat karena pariwisata di Pulau Pisang gak kalah juara. Saya bakal menuliskan tentang pariwisata di Pulau Pisang yang masih belum banyak terjamah dalam post yang berbeda. 
 
Semoga lain kali saya bisa berkesempatan melakukan kegiatan serupa lagi! 
 
 
 
Cheers,
Sabrina Anggraini
 
 
*Photo credit: Pictures are a combination of photos by me & from Generasi Emas Nusantara team—thanks guys!