Camping di Waduk Sermo Kulon Progo

Indonesia , Travel Guide , Weekend Getaway , Yogyakarta / February 10, 2018


Kadang, untuk bahagia nggak perlu dengan traveling jauh-jauh maupun mahal. Cukup awali dengan pertanyaan mendasar; kegiatan apa dan bareng siapa kamu menghabiskan waktumu?
 
Lupakan Kalibiru, di Kulon Progo masih banyak tempat yang punya pemandangan panorama nggak kalah indah. Salah satu destinasi yang patut untuk dikunjungi adalah Waduk Sermo yang cocok untuk camping. Selain lokasinya yang mudah di akses, katanya sih Waduk Sermo merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise di Jogja. 
 

Di tengah suasana sunrise di Waduk Sermo

 
 

Mata kelilipan kayaknya waktu nge-take foto ini

 

Camping di Waduk Sermo

Setelah melewati perjalanan 1,5 jam dari kota Yogyakarta ke Kulon Progo, kami memasuki kawasan Waduk Sermo pukul 19.00. Saat itu cuaca sedang hujan, sehingga kami memarkiran mobil sambil menunggu hujan reda sebelum memasang tenda. Setelah hujan reda, kami bergegas menyiapkan tenda dengan bolak-balik beberapa kali ke spot camp dan menanjak lagi ke area parkir sambil membawa barang-barang. Lokasinya nge-camp tidak jauh dari tempat kami memarkirkan mobil, tapi sudah bisa mengambil spot di pinggir danau.
 
Suhu lokasi ternyata lebih panas dari yang dibayangkan. Kami kira malam-malam kami akan kedinginan, tapi ternyata gerah juga. Akhirnya pintu tenda harus kita buka karena sumpek banget! Untung saat itu nggak repot-repot bawa sleeping bag
 

Masak indomie malam-malam sambil camping memang terbaik!

 

Makanan Semi-Glamping Murah Meriah

Menu masak-masak nge-camp saat itu bisa dibilang “semi-glamping” yang murah meriah. Menunya antara lain;

1. Smores

Smores adalah cemilan tradisi camp fire yang berasal dari Amerika Serikat dan Kanada. Aku terinspirasi langsung dari pengalaman mengikuti event di Amerika. Bahan yang dibutuhkan hanyalah marshmellow tanpa rasa, coklat dan biskuit tawarSaat itu aku memilih coklat silver queen dan biskuit marie regal, ceritanya biar kearifan lokal.
 
Cara membuatnya cukup dengan nge-sate marshmellow, lalu di bakar sampai meleleh. Setelah itu, tinggal digabung jadi satu dengan marie regal dan coklat layaknya sandwhich. Rasanya akan lebih oke lagi kalau coklatnya ikut meleleh. 
 

Lelehannya menggoda banget, bukan?

 
 

2. Indomie goreng pake kornet

Makanan yang cocok untuk yang pengen praktis makan indomie tapi nggak gitu-gitu aja. Cukup dengan masak indomie goreng dan campur dengan kornet. Menu ini gampang bikin kenyang sih.
 

3. Sandwich 

Ini menu buat sarapan. Tadinya sih mau bikin burito, tapi karena nggak nemuin kulit burrito yang siap pakai di supermarket, roti pun jadi. Akhirnya nama makanannya melipir ke sandwich. Isi dari sandwich itu antara lain ada scrambled egg dan smoked beef yang rasanya dibuat lengkap dengan mentega dan mayonnaise. 
 

 

Waduk Sermo: Salah Satu Spot Sunrise Terbaik Kulon Progo

Salah satu keuntungan nge-camp di pinggir Waduk Sermo adalah jadi bisa lihat langsung terbitnya matahari yang katanya merupakan salah satu spot sunrise terbaiknya Jogja. Pagi hari sekitar jam 6 sampai 7 merupakan golden hour yang cocok untuk menikmati panorama ataupun ambil foto. Biasanya ada nelayan yang memancing sekitar waduk. Jadi selain menikmati pemandangan di pinggir telaga, bisa juga sewa perahu motor seharga Rp 8.000 per orang untuk menyusuri Waduk Sermo. 
 
 
 
 
 
 

Ini dia panorama pemandangan Waduk Sermo

 
 
 
 
 
Di belakang spot kita nge-camp juga ada bangunan bambu yang sepertinya dibangun oleh penduduk setempat untuk jadi gardu pandang wisatawan.
 
Oh iya, sistem camping disini bisa langsung datang, tapi ada hari tertentu dimana kita harus booking jauh-jauh hari ke pokdarwis setempat. Biasanya karena sering dipakai untuk acara LDKS, pramuka, dan kegiatan dari berbagai komunitas lainnya.
 
 
 
 
 
 

 

Di sekitar Waduk Sermo, banyak tempat yang bisa didatengin. Diantaranya ada Gunung Gajah, Air Terjun Kedung Pedut, dan masih banyak lagi. Jadi nggak ada salahnya untuk lanjut explore daerah Kulon Progo setelah camping. Kebetulan juga Waduk Sermo merupakan salah satu jalur untuk menuju wisata Kalibiru. Ntar deh diceritain di tulisan terpisah.  

 

Cara Menuju ke Waduk Sermo

Rute menuju Waduk Sermo bisa dibilang cukup mudah. Dari kota Yogyakarta, kamu bisa ambil arah dari Jalan Wates, kemudian ikuti jalan hingga ketemu patung kuda barat alun-alun. Dari situ bisa ambil arah menuju Waduk Sermo. Lokasinya pun mudah di akses, hanya terletak lima belas menit dari jalan utama. Waktu tempuh dari kota Yogyakarta ke Waduk Sermo kurang lebih 1 sampai 1,5 jam.

 

Biaya masuk

Per orang: Rp 2,500

Motor: Rp 2,000

Mobil: Rp 3,000

 

 

 

Cheers,

Sabrina Anggraini