Berkunjung ke Kebun Bunga Matahari di Pesisir Pantai Glagah, Kulon Progo

Indonesia , Travel Guide , Weekend Getaway , Yogyakarta / April 29, 2018


Beberapa bulan yang lalu, istilah kebun bunga matahari di Jogja memang sempat viral. Perkebunan yang memang cantik ini seketika menjadi terkenal karena orang-orang mengupload foto bagus mereka disana. 

 

 
 
Namun sayangnya hal ini menyebabkan beberapa dampak samping yang tidak baik. Aku tidak tahu persis kejadiannya karena aku gak di Jogja, tapi dari membaca beberapa artikel, terlihat bahwa orang-orang yang berbondong-bondong datang terlalu fokus untuk take foto terbagus mereka sampai lupa untuk menjaga kawasan tersebut.
 
Tidak ada yang salah dengan foto-foto karena itu kegiatan yang seru dan tak terlepas dari traveling, tapi sayangnya ada yang sambil foto melakukan hal-hal yang cukup lalai. Seperti ada pengunjung yang iseng-iseng memetik bunga matahari sampai-sampai tanaman cabe warga menjadi rusak, padahal bunga matahari tersebut ditanam untuk melindungi tanaman cabe tersebut. Tanaman cabe tersebut pun berpotensi diinjak-injak pengunjung. (Referensi artikel aku tuliskan dibawah post ini.*)
 
 

Ke Pantai Bonus Kebun Matahari: Pesisir Bunga Matahari Pantai Glagah, Kulon Progo

Kebun bunga matahari ini bukanlah kebun yang pernah viral tersebut, karena yang itu letaknya di dekat Pantai Samas, Bantul. Namun ternyata di Kulon Progo ada kumpulan kebun-kebun bunga matahari, tepatnya di Pesisir Bunga Matahari Pantai Glagah. Kalau kamu melewati Pantai Glagah, kamu akan menemukan Pesisir Bunga Matahari di sebelah kanan. Kalau kesini bisa main ke pantai sambil dapat bonus ke kebun bunga matahari ini, plus jalanan menuju kesini juga bagus, mengingatkan kami pada suasana film ‘Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak’ (ini akan aku bahas di post yang terpisah!).

Musim mekarnya bunga matahari

Saat kami datang, memang ladang bunga mataharinya tidak sebanyak itu dan kurang tersebar luas, kebanyakan dari mereka berkumpul di satu titik. Hal tersebut dikarenakan banyaknya bunga matahari tersebut tergantung musim. Pastinya akan lebih banyak berkemaran saat musim panas, kira-kira mulai April – Juni, dengan puncak musim kemarau pada bulan Juni – September.
 
 

 

What to expect

Di Jogja memang terdapat sejumlah kebun bunga matahari yang tersebar tidak hanya di Kulon Progo saja, tapi juga ada yang Bantul. Kebun bunga matahari ini memang tidak seluas itu jika dibandingkan dengan kebun bunga matahari di dekat Pantai Samas, Bantul,  Terutama karena tergantung musimnya tidak ada jaminan kalau seluruh bunga matahari akan mekar di seluruh perkebunan. Saat aku datang ke perkebunan waktu itu pada akhir April, kebanyakan dari bunga matahari tersebut ramai menumpuk di beberapa titik.

 

 

Menikmati kecantikan alam sambil menjadi responsible traveler

Berkaca dari pengalaman rusaknya kebun matahari di Bantul karena sempat viral, yuk kita sebagai turis berkunjung sambil menjaga kelestarian tempat yang kita kunjungi. Sisi positif dari kejadian tersebut memang warga lokal jadi lebih sadar akan potensi wisata area mereka. Namun sesudah menjadi tempat wisata, kita masih perlu ikut mencegah kerusakannya nih mulai dengan nggak merusak alam kita sendiri. Tentunya itu bisa jadi bentuk dukungan kita untuk warga setempat agar menjadi lahan pekerjaan baru, selain tetap mempertahankan pertaniannya. 😀  
 
 

Bunga-bunga yang masih on progress 😀

 

Pintu masuk yang langsung menangkap perhatianku LOL

 

Ada-ada aja papannya 

Nah, ini tampilan pintu masuk beberapa perkebunan yang ada

 

Cara menuju ke Pesisir Bunga Matahari Pantai Glagah

Waktu tempuh: Kalau kamu berangkat pusat kota Jogja, total tempuh kurang lebih 1,5 jam.
 
Rute: Melalui Jalan Godean lalui keluar di Ringroad Barat (keluar Jogja tp masih di kabupaten) lalu lewati Jalan Wates baru ke arah Kulon Progo. Masuk kabupaten Kulon Progo sampai ke arah pantai glagah dengan mengikuti jalur Jalan Raya Wates menuju Purworejo, setelah itu setelah melihat papan petunjuk, belok ke kiri menuju Pantai Glagah. Ketika bertemu Pantai Glagah, lurus saja melewatinya hingga di sebelah kanan kamu akan menemukan beberapa perkebunan bunga matahari.
 

Pesisir Bunga Matahari

Jl. Pantai Glagah, Glagah, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654
 
 
  

Biaya

Pintu masuk wilayah Pantai Glagah: Rp 5,000/orang
Kebun bunga matahari: Donasi Rp 5,000/orang.
Total: Rp 10,000/orang
 

Itinerary

Kunjungan ini adalah bagian dari One Day Trip: Explore Kulon Progo

Rute trip:

Pesisir Bunga Matahari – Pantai Glagah – Air Terjun Kembang Soka

Di pesisir bunga matahari, aku hanya menghabiskan waktu hanya kurang lebih satu jam kurang, setelah itu nyambung lagi ke Pantai Glagah, dimana lebih lengkapnya akan aku sambung di post selanjutnya, ya!

 

Referensi artikel*

Referensi artikel yang aku gunakan untuk menggambarkan pengalaman viralnya kebun matahari di Bantul.*

  1. Setiap Hari Patroli, Ini yang Dirasakan Pemilik Bunga Matahari di Bantul – http://krjogja.com/web/news/read/45567/Setiap_Hari_Patroli_Ini_yang_Dirasakan_Pemilik_Bunga_Matahari_di_Bantul
  2. Daily Blog #7: Cerita Di Balik Kebun Bunga Matahari Bantul –https://lentikumala.wixsite.com/newhomeofmine/single-post/Daily-Blog-7-Cerita-Di-Balik-Kebun-Bunga-Matahari-Bantul
  3. Sedang Mekar, Hamparan Bunga Matahari di Bantul Ramai Diserbu Kaum Muda – http://travel.tribunnews.com/2017/10/08/sedang-mekar-hamparan-bunga-matahari-di-bantul-ramai-diserbu-kaum-muda 

 

 
Cheers,
 
Sabrina Anggraini
 


  • Winantyo Iman Ramadha

    idolakuuuu!!!

  • Yofangga Rayson

    Taman bunga mataharinya kalo panen bijinya dikirim ke industri pengolahan kuaci ga kak? Apa cuma murni taman aja?

    Oya, anyway platform blognya ga bisa disetting komen pake url gitu kah? 😉