4 Pemandangan Jalan di Kulon Progo yang Membuatmu Ingin Berhenti Sejenak

Indonesia , Travel Guide , Weekend Getaway , Yogyakarta / May 10, 2018


 

Jogja memang sudah tak asing di telinga para turis. Namun setiap kali aku kesini, kota ini tidak pernah gagal memberi aku kejutan akan sisi-sisi lainnya, termasuk keindahan alamnya. Saat aku dan teman-teman melakukan road trip dari Kota Jogja ke kabupaten Kulon Progo pun, banyak hal baru yang dapat kita temukan.

Melakukan road trip ternyata sangat cocok untuk beberapa destinasi di Jogja, contohnya ketika kami mendatangi destinasi-destinasi yang berada dalam itinerary 
One Day Trip: Explore Kulon Progo” (itinerary ada di bagian bawah post ini!). Jalanan yang kami lewati kebanyakan sudah beraspal dan dapat dilalui oleh mobil, walaupun di Perbukitan Menoreh masih ada beberapa rute yang menantang untuk dilalui karena jalannya yang masih berbatu.

 

 

Siapa sangka, perjalanan saat roadtrip itu pun menyuguhkan mata kita pemandangan yang unik dan indah. Berikut daftar 4 pemandangan indah yang kami temukan di jalan raya Kulon Progo;

 

1. Kembang Tebu yang bikin kita berasa di Jepang

 

Rute lokasi: Di antara perjalanan pulang dari Air Terjun Kembang Soka menuju Kota Yogyakarta

Selepas mampir di Air Terjun Kembang Soka, kami bergegas mengarah pulang kembali ke kota Yogyakarta. Namun siapa sangka di tengah jalan kami menemukan sebuah hamparan kebun kembang tebu yang sangat luas. Awalnya aku pun nggak percaya dengan apa yang aku lihat, karena sebelumnya belum pernah melihat hal yang serupa, apalagi di Indonesia. Kembang tebu berukuran besar ini menumpuk jadi satu. Kalau takut tempat ini dirusak oleh para “pemburu selfie”, tenang aja, disini kita tidak boleh masuk bagian situ kok, cukup menikmati dari pinggir. 

Pro Tip: Kata warga sekitar, Kebun Kembang Tebu bagus untuk didatangi saat sunrise. Jika kamu berada di spot yang tepat, sinar keemasan dari matahari yang berpadu dengan lahan kembang tebu membuat suasana terasa megah.

Budget: Donasi seikhlasnya untuk biaya perawatan, biaya parkir mobil atau motor (kurang lebih Rp 2,000 – 5,000)

 

 

 

2. Pepohonan sepanjang rute menuju Pantai Glagah

 

Rute lokasi: Pintu masuk Pantai Glagah menuju Pantai Glagah

Setelah memasuki gerbang pintu masuk Pantai Glagah, dalam perjalanan sebelum sampai ke pintu masuk pantai utama, kamu akan melewati pepohonan yang mengingatkan kamu akan film Marlina: Si Pembunuh Dalam Empat Babat yang berlatar di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Pepohonan rindang itu pun dilengkapi dengan pemandangan pesisir pantai dimana suara ombak menemani telinga.

Budget: Free

 

 

 

3. Masih dalam perjalanan menuju Pantai Glagah, bisa sambil melihat pemandangan laguna pantai yang sepi

 

Rute lokasi: Pintu masuk Pantai Glagah menuju Pantai Glagah

Pantai Glagah memang dikenal sebagai tempat yang banjir di datangi oleh turis. Tak heran kalau sulit bagi kita untuk menikmati laguna pantai suasana sepi. Tapi ternyata di sepanjang jalan pesisir dari pintu masuk menuju kesana, ada loh pesisir pantai yang saat itu hampir tidak ada orangnya. Jadi, selama perjalanan kami berhenti sebentar untuk melihat pemandangan laguna pantai dengan ombaknya.

Kontranya memang lumayan banyak sampah di pinggir pantai. Huh, sepi aja banyak sampahnya, ya!

Budget: Free

 

 

4. Terakhir, Pohon Cemara yang menghiasi jalanan menuju Perbukitan Menoreh

 

 

Rute lokasi: Rute dari Pantai Glagah hingga Perbukitan Menoreh

Terakhir, dalam perjalanan dari Pantai Glagah menuju Perbukitan Menoreh, kami menemukan sebuah jalan yang dikelilingi oleh pohon pinus yang rindang. Ditambah lagi kiri-kanan jalan yang dipenuhi oleh sawah bikin kita merasakan Jogja rasa Ubud. Oh iya, jalanannya memang cukup sepi kok, jadi kami bisa sampe foto di tengah jalan kayak begini!

Budget: Free

 

]

 

 

Itinerary

Berikut itinerary kami untuk One Day Trip: Explore Kulon Progo saat itu;

08.00 – Berangkat dari kota Yogyakarta

10.00 – Pesisir Bunga Matahari

11.00 – Pantai Glagah 

13.00 – Perjalanan menuju Perbukitan Menoreh, makan siang dalam perjalanan

15.00 – Air Terjun Kembang Soka

17.30 – Perjalanan pulang, melewati Kebun Kembang Tebu

 

Jogja will indeed always surprise you. 

 

Jadi, sudahkah kamu merencakan perjalanan road trip kamu di Jogja?

 

Cheers,

Sabrina Anggraini