the classic wanderer

Road Trip Keliling Iceland + Camping: Itinerary 7 Hari

11 Sep 2018 · 14 min read

Table of Contents

     
     
     
    Ring Road, Iceland
     
    Jika kamu ingin merasakan petualang berkesan yang tak terlupakan, road trip di Iceland bisa jadi jawabannya. Gimana enggak, setiap hari di perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan alam yang tak terlupakan, mulai dari pegunungan hijau maupun yang memiliki puncak es, domba atau kuda berkeliaran bebas, air terjun tanpa nama, dan pada dasarnya panorama indah yang kadang bikin kamu merasa seperti ada di planet lain. 
     
    Road trip di Iceland sudah menjadi #1 di bucketlist-ku sejak lama, dan memang negara yang dekat Kutub Utara ini terasa jauh sekali. Sehingga aku sangat bersyukur ketika suatu hari tiket promo pesawat dari Finn Air membuka pintu kesempatan untuk memberanikan diriku berpetualang kesana. 
     
     
     

    It all started with a dream, when I was inspired by The Secret of Walter Mitty that exposed Iceland’s magnificent landscape

     

    Mulai dari air terjun tanpa nama, kuda dan domba berkeliaran, hingga panorama pegunungan, kurang lebih inilah pemandangan yang bisa kamu lihat di perjalanan selama Road Trip di rute Ring Road… 

     

    Air terjun random tanpa nama adalah hal yang biasa buat ditemukan pas lagi road trip!

    Langit sore hari yang diambil dari dalam mobil

    Kuda-kuda cantik yang banyak kita lihat di pinggir jalan

    7 Days Itinerary – Iceland Summer Road Trip and Camping

     
     
     
    Nah, ini dia jabaran itinerary yang aku gunakan selama Road Trip di Iceland. Di post ini aku akan tulis highlights-nya aja, nanti klik masing-masing link artikel di setiap destinasi buat baca cerita lengkap seputar destinasi tiap harinya, ya! (masih di tulis :p) 

    Untuk info umum tentang gimana kita merencanakan road trip dan camping di Iceland, kalian bisa lihat di post ini

     

    Day 1 – Reykjavik

    Pemanasan di Camping Site dengan fasilitas lengkap-nya Reykjavik

     
     
    Destinasi: Keflavík International Airport – Road Trip Preparation – Reykjavik Camping Ground
     
    • Yang tadinya mau langsung road trip, sesampai di Iceland, ternyata karena koper bagasi salah satu dari kita ada yang datangnya telat kami terpaksa “pemanasan” dulu sehari semalam di Reykjavik. Ternyata itu adalah pilihan yang tepat! Karena untuk mempersiapkan itu saja butuh waktu yang lama, belum lagi untuk menyesuaikan temperatur karena walau summer pun nggak menutup kemungkinan bakal berangin.
    • Hari pertama kamu di Iceland bisa dipakai untuk mengurus keperluan seperti ambil rental mobil, sewa tenda, beli makanan tambahan groceries di supermarket.
    • Keliling tourist attractions mainstream kota Reykjavik yang memang nggak begitu banyak. Ada Harpa Hall, patung The Sun Voyager, pusat kota, itu semua terletak tempat ambil tenda, Iceland Camping Equipment.
    • Camping di Reykjavik Camping Site paling nyaman karena fasilitasnya paling lengkap. Wajar karena lokasinya ada di kota. Tempatnya pun rame banget. Bahkan pas kita camping disana, di halaman belakang lagi ada Summer Festival Iceland 2018 dimana tamu-tamunya pada nginep disana.
     
     
    Camping site #1
    Reykjavik Camping Site
     
    Biaya campsite:
    Dewasa – 2,000 ISK/orang
    Harga termasuk fasilitas shower.

    Day 2 – Reykjavik – Þingvellir

    Tempat shooting Game of Thrones hingga air terjun dengan air berwarna biru

     
     
     
    Destinasi: Reykjavik – Þingvellir National Park – Þingvellir Camping Ground
     
    • Road Trip via Ring Road dimulai dari bagian Selatan
    • Destinasi pertama kami adalah Pingvellir National Park, tempat yang ada melihat tempat shooting Game of Thrones, episode “The Viper and The Mountain, The Bloody Gate”, yang juga merupakan salah satu UNESCO Heritage Site. Hanya ada tiga taman nasional resmi di Iceland, dan ini salah satunya. Karena siangnya hujan deras, tengah malam jam 12 kita kesana dan mungkin juga satu-satunya turis disana saat itu. 
    • Ada air terjun biru yang nggak banyak orang ketahui, yang bikin unik adalah warna airnya yang benar-benar biru! 
     
    Camping site #2
    Þingvellir National Park
     
    Biaya:
    Dewasa – 2,000 ISK /orang
    Harga termasuk fasilitas pantry social house, shower dan toilet

     

    Day 3 – Þingvellir – Vík

    Megahnya salah satu air terjun terbesar di Eropa

     
    Destinasi: Geysir – Gulfoss Waterfall – Vík Camping Ground
     
    • Geysir, tempat sekumpulan mata air geothermal yang memancurkan air setiap beberapa menit sekali.
    • Gulfoss waterfall, air terjun terbesar di Eropa yang sangat megah.
    • Berhenti di Vik Camping Site, yang kita baru temuin on the spot juga (bener deh, camping site di Iceland gampang dicari kok!). Perjalanan ke camping ground kedua itu cukup panjang Jalanan menuju Vík merupakan salah satu favoritku, karena bentuk tebing hijaunya yang unik.
    Camping site #3
    Vik camping site
     
    Biaya campsite:
    Dewasa – 2,000 ISK/orang
    Harga termasuk fasilitas pantry social house, shower dan toilet
     

    Day 4 – Vík

    Trekking mencari hidden hot pool di tengah pegunungan

    Destinasi: Seljalandfoss waterfall – Seljavallalaug hot pool
     
    • Highlight hari ini adalah tenda yang roboh karena angin yang kencang tiba-tiba tengah malam! Kami dapat pelajaran berharga tentang traveling terutama nge-camp di Iceland, tentang bagaimana kita monitor dan juga mengkonsiderasi cuaca saat menentukan itinerary kita (aku masukin beberapa website penting di post ini).
    • Setelah drama cuaca badai dilewati, kita ke air terjun Seljalandfoss waterfall, dimana kamu bisa jalan kaki hingga ke bagian belakang semburan air.
    • Destinasi favoritku dari semua trip, yaitu Hot Pool Seljavallalaug. Mungkin yang berkesan bagiku bukan hot pool nya karena kena tipu kolamnya nggak panas (LOL!). Uniknya lagi, nggak ada yang jaga, dengan ruang ganti yang lumayan lembab dan creepy. Tapi yang bikin ini berkesan buat aku adalah pengalaman trekking ringan menuju hot pool, dimana kamu akan disuguhkan view gunung dengan puncak es, sungai, tebing dengan tekstur batu yang sangat unik, sampai ketemu domba dan kudaberasa kayak di dongeng-dongeng.
     
    Camping site:
    Masih di Vík camping site 
     
     

    Day 5 – Vik – Höfn: Melewati es glacier, pasir pantai hitam hingga tanah berlumut akibat erupsi terbesar ketiga di dunia tahun 1700an

    Destinasi: Reynisfjara Beach – Ring Road Stops (Eldhraun Mossy Fields) – Fjadrargljufur Green Canyon – Jökulsárlón Glacier Lagoon – Höfn Camping Ground
     
    • Hari paling bisa dapet banyak spot atraksi, berawal dari Reynisfjara Beach (Black Sand Beach) tempat syuting Game of Thrones
    • Lanjut road trip yang kebanyakan jalannya tinggal lurus aja. Please, harus banget enjoy perjalanan dan ambil waktu buat berhenti di rest area yang tersedia!
    • Selama di perjalanan ada Eldhraun Mossy Fields yang menurutku wajib di datengin karena epic! Pas jalanan kanan-kiri udah dipenuhi jalanan lumut, perhatikan kanan jalan karena ada pemberhentian mobil dimana kamu bisa jalan-jalan ke mossy fields disitu. Susunannya bikin kamu berasa ada di dunia lain.
    • Green Canyon yang nggak boleh kamu lewati.
    • Perjalanan panjang berakhir di Jökulsárlón Glacier Lagoon, momen berharga karena pertama kali melihat bongkahan es untuk pertama kalinya dalam hidupku, karena selama ini terasa seperti angan-angan bisa melihat kepingan nuansa kutub.
    • Sampai di Höfn camping ground tengah malam. 
     
     
    Camping site 
    Hofn Camping Ground
     

    Biaya vampsite:

    Dewasa – 2,000 ISK/orang
    Harga termasuk fasilitas pantry social house
    Untuk shower bayar extra pakai koin 50 ISK
     
     
     

    Day 6 – Höfn – Myvatn

    Nemu pemandian air panas versi lebih murahnya Blue Lagoon

     
    Destinasi: Myvatn Hot Water Baths – Vogar Camp Site 
     
    • Höfn camp site pemandangannya oke banget untuk dinikmati ketika sarapan
    • Perjalanan dari Höfn ke Myvatn lumayan berliku-liku dibanding sebelumnya yang kebanyakan cuma lurus. Ciri khas jalanannya adalah padang pasir hitam (Berasa padang pasir Gunung Bromo :p)
    • Kami ngebut dengan harapan bisa ke Myvatn Nature Baths sebelum tutup jam 9 malam. Beruntung, ternyata saat summer ia tutup lebih malam yaitu jam 11. Harganya pun 4,700 ISK per orang. Tapi harga ini berbeda-beda untuk setiap musim. Myvatn Hot Water Baths adalah alternatif pemandian air panas yang harganya hampir setengahnya Blue Lagoon, dan view nya nggak kalah cantik, lho!
    • Menutup hari dengan menatap Midnight Sun di Vogar Camp Site
     
     
    Camping site
    Vogar Camp Site
     
    Biaya campsite:

    Dewasa – 1,600 ISK/orang

    Harga termasuk tenda social house (tanpa peralatan pantry)
    Menurutku fasilitasnya paling minim diantara camping ground yang kemarin, karena social house nya hanya berupa tenda acara dan lahan parkirnya cukup sempit

     

    Day 7 – Myvatn – Akureyri – Reykjavik

    Goa terkenalnya Game of Thrones dan berhenti di kota kecil Akureyri, kota terbesar kedua Iceland setelah Reykjavik

    Destinasi: Myvatn Camping Ground – Akuyeri City – Reykjavik Underwater Toll – Bus Hostel Reykjavik
     
    • Mampir ke Goa nya Jon Snow sama Ygritte (LOL!), yaitu Grjótagjá Cave, yang memang sangat kecil tapi terkenal karena episode di season 3 Game of Thrones ini
    • Hari terakhir judulnya cuma ngebut! Karena di hari yang sama kita sudah harus mengembalikan tenda dan sudah booking hostel di Reykjavik untuk malamnya. 
    • Dalam perjalanan dari Myvatn ke Reykjavik kamu akan melewati kota Akuyeri, kota kedua terbesar di Iceland setelah Reykjavik. Akureyri ini terlihat cantik saat dilihat dari tebing kejauhan, karena letaknya yang ditengah danau sebagai satu pulau dengan background gunung dengan puncak es. Akuyeri ini khas dengan lampu merah yang bentuknya kayak hati, lho! 
    • Sebelum tiba di Reykjavik, kamu juga bakal ngelewatin tol bawah laut (Hvalfjörður Tunnel) yang harga tolnya sekitar 1,000 ISK per mobil. 
     
    Accommodation:
    Bus Hotel Reykjavik

     

    Bonus – After Road Trip:

    Explore Reykjavik

    Setelah road trip, hari terakhir kami di Iceland kami dimanfaatkan untuk explore kota Reykjavik. FYI, ada Reykjavik Free Walking Tour yang bisa menceritakan sejarah kota dan mendatangi spot-spot unik sepanjang kota. Selain itu hari itu juga bisa dimanfaatkan untuk melihat atraksi wisata kota dan membeli suvenir oleh-oleh.

    Accommodation:
    Bus Hotel Reykjavik

     

    Jadi, apakah cukup road trip keliling Iceland selama 7 hari?

    Hmm, jujur 7 hari bisa dibilang waktu yang minimal untuk bisa melakukan road-trip keliling Iceland. Terutama camping membutuhkan waktu tambahan seperti memasang tenda, masak, copot tenda lagi, dan lain-lain. Ini jadi poin penting yang perlu dipertimbangkan saat lagi membuat itinerary. Aku merekomendasikan minimal 10 hari atau lebih kalau mau lebih banyak tenang, karena pemandangan kerennya bikin kamu mau banyak berhenti di jalan!

    Masih banyak jalanan unknown yang belum kita explore, dan kadang memang kita kekurang waktu untuk berhenti di jalan karena kita mengejar waktu untuk tiba di destinasi selanjutnya. 

    Cheers,

    Sabrina Anggraini

    Related Iceland Post

    Panduan Road Trip Keliling Iceland Selama 7 Hari (On Budget)

    Made with by Sabrina Anggraini
    Find me on social media
    Made with by Sabrina Anggraini