Panduan Road Trip dan Camping Keliling Iceland Selama 7 Hari (On Budget)

Iceland , Travel Guide , Travel Tips / September 11, 2018


Iceland—sebuah negara yang terletak jauh dekat Kutub Utara, dikelilingi oleh alam bebas.

Pergi ke Iceland harus bermodal perencanaan yang matang. Aku pergi ke Iceland untuk Summer Road Trip (musim panas) sambil camping selama 7 hari, on a budget (aka hemat) pada bulan Juni. And I must say, it’s one of the best adventures I’ve had in my life! Mulai dari pegunungan indah, air terjun tanpa namadi pinggir jalan, kuda dan domba, baru sebagian kecil hal yang akan kamu lihat.

Mungkin kamu bertanya-tanya;

Gimana cara road trip di Iceland?

Lebih baik datang pas kapan?

Budgetnya kira-kira berapa?

Mau camping nyewa tenda dimana?

Nah, dari perjalanan yang kami lalui, ada pros dan cons yang mungkin bisa jadi referensi untuk kamu yang ingin ke Iceland, tapi nggak tau mau mulai darimana.  Aku bakal share tipsnya disini. 

 

Summer Road Trip: Living the Walter Mitty life in Iceland

 

Aku terinspirasi untuk memasukkan Iceland ke dalam bucketlist-ku karena film The Secret Life of Walter Mitty, yang bercerita tentang seorang pekerja yang setiap hari memiliki pekerjaan untuk kurasi foto yang dipublikasikan di majalah Life Magazine. Suatu hari, ketika perusahaannya akan tutup, owner baru dari Life magazine memberi Walter Mitty misi untuk mengambil foto sempurna untuk edisi cetakan terakhirnya. Disitulah petualangannya dimulai, dan salah satu tempat yang ia datangi adalah.. Iceland.

Walaupun aku nggak pergi langsung ke destinasi yang didatangi oleh Walter Mitty seperti Stykkishólmur, tapi road trip jalur Ring Road Iceland meng-expose kita kepada pemandangan landscape luar biasa seperti yang ada di film.

Well, selain Walter Mitty, Iceland juga jadi tempat syuting film bergengsi seperti Game of Thrones, Interstellar, Oblivion, hingga video klip-nya Justin Bieber.

 

   

Apa aja jalur road trip di Iceland?

Ada dua jalur yang terkenal untuk road trip di Iceland, gampangnya sih jalur The Golden Circle itu versi pendek, Ring Road itu versi panjang.

1. The Golden Circle

The Golden Circle (237 KM) ini lebih cocok untuk kamu yang punya waktu terbatas, karena rutenya hanya keliling spot-spot yang dekat dengan kota Reykjavik. Di rute ini kamu bisa datangin wisata popular seperti Geysir, air terjun Skógafoss, Þingvellir National Park, dan lain-lain. Banyak banget tur operator yang mengadakan tur ke sini, tapi rental mobil sendiri pun juga accessible.

2. Ring Road

Sementara Ring Road (1,332 KM) adalah rute yang mengelilingi pulau Iceland. Disini kita bisa ngelewatin banyak banget atraksi wisata populernya Iceland, mulai dari air terjun Seljalandsfoss and Skógafoss, Black Sand Beach (Reynisfjara Beach) sampai glacier es lagoon Jökulsárlón.

Tapi nggak cuma destinasi wisata populer, inti dari road trip di Iceland tuh eksplorasinya hal-hal unknown, karena landscape alam itu bikin berasa kayak di planet lain! Sayang banget deh kalau kita nggak menyisahkan waktu untuk menikmati perjalanannya.

Nah, Ring Road lah yang menjadi rute yang kita explore selama satu minggu. 

Klik disini buat liat post aku khusus itinerary tripku 😉

Fun fact: 

Route 1 juga merupakan judul album Sigur Ros, band asal Iceland, dimana judul-judul lagu di albumnya merupakan koordinat titik spot-spot sepanjang rute Ring Road. Tertarik buat datengin spot koordinat itu langsung?

Kapan waktu terbaik untuk datang ke Iceland?

Buat aku, kegiatan di tiap musim berbeda dan nggak bisa dibandingin langsung. Jadi tergantung kita mau mengalami experience yang kayak gimana. Walaupun ada empat musim; yaitu musim panas, dingin, semi, dan gugur. Musim wisata yang banyak direkomendasikan adalah musim panas dan musim dingin.

Apa yang bisa kamu experience saat musim panas (Juni-September Awal)?

Pros
(+) Jalanan road trip lebih aman dan lebih kecil kemungkinan untuk di tutup karena kejadian alam
(+) Saat musim panas, langitnya bisa terang sampai 21 jam!
(+) Karena langit yang selalu terang, kita bisa melihat fenomena alam Midnight Sun, yaitu matahari tengah malam dengan warna kemerah-merahan yang cantik. Midnight sun juga lebih bisa dipastikan muncul setiap malamnya dibandingkan aurora atau northern lights yang lebih susah diprediksi
(+) Suhu paling “hangat” dibandingkan musim lain, suhu rata-rata pada awal dan akhir musim panas sekitar 6-10 derajat Celcius, dan pada puncaknya di bulan Juli dan Agustus suhu rata-rata mencapai 8-18 derajat Celcius
 

Walaupun katanya “Summer”, tapi dinginnya bisa tetap menusuk karena anginnya

 
 
Cons
(-) Walaupun namanya musim panas, cuaca masih terasa dingin terutama kalau berangin.
(-) Di masa-masa transisi musim semi ke musim panas, kamu juga masih bisa merasakan angin yang kencang dan hujan yang awet. Keadaan cuaca bisa Iceland bagian Selatan dengan Utara bisa beda. Waktu itu saat aku berada di daerah Selatan, cuacanya sering hujan dan terus berangin. Sementara saat di bagian Utara, cuaca cukup terik dan nyaman. 
(-) Kecil kemungkinan bisa melihat aurora atau northern lights
 

Midnight Sun jam 12 malam yang masih terang

 

Apa yang bisa kamu experience saat musim dingin (November-Maret)?

Pros
(+) Bisa berburu aurora atau northern lights. Tetapi aurora ini ibarat pelangi, jadi belum tentu kamu bisa temukan terutama kalau langitnya berawan.
(+) Bisa ke ice cave.
(+) Nggak bisa bohong kalau pemandangan salju di Iceland cantik banget.
Cons
(-) Bisa aja ada jalanan yang ditutup karena badai salju atau snowstorm, jadi pengalaman road trip nya lebih nggak bisa diprediksi. 
(-) Berkeliling Iceland dengan mobil di musim dingin terutama berbahaya untuk wisatawan yang tidak berpengalaman mengendarai mobil di musim dingin.
(-) Inginnya bisa sampe -30 Celcius di waktu tertentu.
(-) Perlu persiapan extra (tentunya extra budget) baik untuk baju dingin ataupun gear kamera jika mau enak mengabadikan momen disana. Kamera umum (mirrorless-ku cuma bisa di cuaca maksimal 0 derajat celcius dan nggak weatherproof.
 

Situasi jam 1 pagi di Camping Ground Myvatn saat Midnight Sun

 
 
 

Merencakan perjalanan road trip kamu ke Iceland

Pergi ke Iceland harus punya perencanaan yang matang. Mulai dari outfit, rental mobil, akomodasi, terutama buat kamu lagi camping. Kalau lupa bawa barang, dan beli disana cukup mahal. 

Secara garis besar, road trip di Iceland medannya nggak terlalu susah karena kebanyakan luruuuus aja. Tapi hal-hal penting yang juga mesti dipertimbangkan adalah keadaan cuaca, terutama tergantung musim kapan kamu datang. Kami pun sempet kapok kena akibat kurang riset cuaca yang bikin tenda kita roboh dan malam kita chaos!

Ini dia beberapa tips untuk mempersiapkan road trip kamu ke Iceland (sambil menghemat juga tentunya).

 

 

1. Makanan

Makan di Iceland itu bisa mahal banget. Semahal itu (sampe lebay juga ngetiknya). Waktu itu aku ke salah satu fast food lokal Iceland, satu porsi paket burger + kentang + cola aja bisa sampai 250 ribuan! McDonalds pun sampai gak ada karena dulu sempat bangkrut karena biaya operasional yang terlalu mahal. Kalau sehari-hari makan diluar, bisa ikutan bangkrut, hahaha.
 

Satu-satunya menu makan siang yang pesan di restoran saat di Reykjavik karena mau nyoba makanan khas sana. Plokkfiskur, harganya sekitar 2,900 ISK + teh 400 ISK aka totalnya sekitar 400 ribuan (menangis dalam hati)

 
Tips makan hemat di Iceland:
  • Beli makanan di supermarket sana, seperti Kronan, Bonus, dan Netto (langgananku si Kronan)

Kronan grocery store

 
Ada beberapa makanan khas Iceland yang aku rekomendasikan untuk di supermarket store, seperti Salmon yang harganya relatif murah dan rasanya fresh. Ada juga digestive, biscuit coklat sederhana ngenyangin yang benar-benar jadi teman ngemil selama di mobil.
 

Lumayan satu porsi buat makan ber-7

 

Biskuit Digestive: LIFE SAVER cemilan

  • Bawa stok makanan dari Indonesia. Kita bawa makanan instan dan mudah dimasak seperti pasta, kornet, bumbu rempah-rempah, bon cabe (namanya juga orang Indonesia, gak bisa lepas dari bumbu rempah-rempah di lidah :p)
 

Potret stok makanan kita pas road trip. Campuran makanan yang kita beli di grocery store disana dan yang kita bawa dari Indonesia :p

 
  • Kalau mau lebih ekstrim, di Reykjavik Camp Site ada sistem left over food dari traveler yang berkunjung kesana. Konsepnya sih biar makanannya nggak kebuang secara cuma-cuma. Lumayan, selain dapat makanan gratis, bisa coba makanan khas negara lain, lho!

Free food di Pantry-nya Reykjavik Camp Site

  • Makanan luar yang enak juga di  ke IKEA Iceland (misalnya kayak kita sih untuk beli peralatan road trip yang masih kurang), cobain Salmon dish-nyaEnak banget dimana harga dan porsinya paling masuk akal untuk ukuran Iceland!
 

Cream nya paling oke, bagi aku yang taunya nggak ada di Indonesia sih ini enak banget.

 

2. Rental Kendaraan

Rental kendaraan merupakan opsi terbaik untuk road trip di Iceland karena transportasi umum hanya ada di wilayah kota seperti Reykjavik.

Ada beberapa opsi kendaraan yang bisa di rental;

  • Mobil


    Rental mobil merupakan pilihan paling umum. Ada bayak sekali provider rental mobil, waktu itu yang aku pakai adalah www.bluecarrental.is. Namun kalau bawa mobil, kamu perlu memiliki tempat penginapan seperti camping atau menginap di hotel sepanjang jalan.

    Cara pick up? Nggak usah khawatir lagi mikirin gimana cara pick up mobilnya dari bandara, karena dari pintu keluar bandara kamu tinggal naik shuttle bus gratis yang khusus membawamu ke deretan gedung provider rental mobil.

    Semua orang yang mau berkendara di Iceland harus punya SIM. Good news, SIM Indonesia diakui disana jadi nggak harus pake SIM Internasional! Mungkin karena kalau bisa nyetir di ibu kota :p. Akan ada extra charge saat rental juga untuk setiap orang yang mau nyetir (kalau misalnya ada yang gantian gitu), karena orang-orang yang nyetir harus tercatat.

Mobil yang kami sewa, satu mobil muat 5 orang dengan bagasi di belakang

Biaya yang kita keluarkan untuk sewa 2 mobil selama 9 hari 8 malam adalah 160,500 ISK, atau 21,000,000 IDR. Satu mobil muat untuk 4 orang dengan bagasi untuk barang-barang.

  • Campervan

    Macam-macam campervan, hayoo dipilih

    Campervan bisa jadi pilihan seru buat jalan-jalan karena udah cover akomodasi kita. Banyak juga variasinya, tinggal disesuaikan sama kebutuhan, kapasitas orang, dan budget.

    Pros: Udah sekalian akomodasi (tidur di dalam campervan), lebih hemat daripada menginap di hotel, dibandingkan camping lebih menghemat waktu yang digunakan untuk bongkar dan pasang tenda.

    Cons: Biaya parkir di camping ground, bensin, dan sewa otomatis lebih mahal dibandingkan rental mobil.

    Tempat untuk nyewa campervan bisa di happycampers.isstarcarrental.iscampervaniceland.com

 

3. Bensin

Pom bensin mudah untuk ditemukan di daerah kota, tapi mulai sulit ketika ke daerah lebih sepi. Biar aman, sebelum berangkat pastikan dulu titik-titik dimana kamu bisa menemukan pom bensin di mana aja sepanjang rute kamu.
 
Biaya yang kami keluarkan untuk bensin selama satu putaran ring road adalah sekitar 44,368 ISK atau 5,900,000 IDR atau untuk dua mobil.

4. Connectivity

Waktu itu aku beli Síminn prepaid data 10GB data seharga 2,900 ISK. Paket ini cuma untuk data, jadi nggak bisa telfon. Kalau mau upgrade, tinggal beli via websitenya www.siminn.is/topup.

Sim card ini bisa dibeli di supermarket ataupun di bandara. Setelah riset dan nyoba bandingin harga sama rental modem Wi-Fi, ternyata beli sim card ini termasuk pilihan yang paling murah.

Saranku jika kamu pergi dalam rombongan, seenggaknya harus ada satu orang yang aktifin nomornya yang bisa telfon juga karena mungkin dibutuhkan untuk telfon emergency number Iceland (112), ataupun misalnya telfon pihak lain dalam trip seperti camping ground.

Bungkusan Síminn prepaid data kayak gini

 

4. Penginapan

Menginap di hotel, terutama yang terletak di luar kota Reykjavik lain bisa cukup mahal. Dari hasil aku browsing hotel ataupun Airbnb, seenggaknya satu orang aja budgetnya minimal IDR satu juta.

Itu juga kenapa kita akhirnya memilih buat camping, karena fasilitas camping ground bisa dibilang sudah memadai. Dan… pengalamannya NGGAK terlupakan!

Ini sih opsi-opsi penginapan di Iceland:

  • Camping
    Nginep di camping juga jadi seru dibandingkan hotel karena di camping ground bisa ketemu sama travelers lain. Kebanyakan campsite ada social house yang fungsinya buat pantry sama duduk-duduk.

    Fasilitas camping ground di Iceland bisa dibilang udah memadai, walaupun di kota-kota jauh sekalipun. Selain itu camping ground itu ada banyak banget di sepanjang rute. Info lengkap tentang camping ground ada di tulisan nomor 5.

 

  • Hotel 

    Ada juga beberapa opsi hotel di setiap kota. Namun balik lagi, harganya paling enggak satu orang minimal satu juta semalam.

  • Airbnb

    Kalau menginap di Airbnb sebenarnya banyak penginapan unik, terutama yang dalam bentuk cottage, pod atau penthouse dengan pemandangan yang keren. Lagi-lagi, harganya juga 11: 12 sama hotel.

 

5. Camping di Iceland

Pemandangan Camping Ground Vík yang cantik

 
Karena kita road trip sambil camping, banyak banget yang nanya “Terus tinggal camping dimana aja gitu?”
 
Walaupun keliatannya memungkinkan buat camping dimana aja karena Iceland daratannya luas dan sepi, tapi sejak 2015 itu illegal untuk dilakukan. Kalau kita mau camping ataupun pake campervan, kita harus parkir di camping site resmi. Camping site tersebar luas di seluruh Iceland dan fasilitasnya pun cukup baik. Tapi camping cuma bisa pas summer aja, ya. Gak kebayang kalau winter trus camping, yang ada beku! 
 

Apa aja sih fasilitas yang ada di camping ground?

Macam-macam fasilitas Camping Site. Atas-Kiri & Atas-Kanan: Social House and Garden Reykjavik Camp Site. Bawah-Kiri: Toilet Höfn, Bawah-Kanan: Lahan Parkir Þingvellir Camping Site

 
  • Social room (tempat untuk masak dan juga interaksi sama traveler lain)
  • Lapangan camping ground 
  • Shower
  • Toilet
  • Mesin cuci dan pengering (kalau ada)
  • Cottage — ada beberapa camping ground yang sedia fasilitas cottage buat yang mau bermalam disana, harganya pun tentu berbeda
 

Cottage yang bisa disewa di camping ground

 
 
Biayanya berapa? Biaya per orang beda-beda untuk setiap camping ground, namun kisarannya rata-rata 1800 – 2000 ISK/orang/malam, aka sekitar 250,000an IDR lah. Ada yang sudah termasuk fasilitas shower, tapi ada juga shower yang tetap harus bayar extra.
 
Hampir semua bisa bayar pake kartu debit atau kredit, sehingga cocok buat yang seneng cashless.
 
Cara bookingnya gimana? Disana kalau mau camping site bisa langsung dateng, gak perlu booking dulu. 
 

Apa aja yang harus kamu persiapkan sebelum pergi camping? 

  • Untuk peralatan camping besar seperti tenda, kita rental peralatannya di Iceland langsung, tepatnya pas di kota Reykjavik. Harganya €96 atau sekitar 1,650,000 IDR untuk satu tenda selama 9 hari 8 malam (termasuk tax, ini harga pas kita beli kelebihan sehari, boleh di refund abis itu pas kelebihan kok).

    Tempat kita rental peralatan camping: 
    Iceland Camping Rental – iceland-camping-equipment.com
    Alamat: Barónsstígur 5 101, Reykjavik, Iceland

 

Tempat kita sewa tenda

 
  • Peralatan camping lain aku bawa langsung dari Indonesia. Peralatan bersama buat camping kayak kompor, panci, kita bawa dari Indonesia.

    Selain itu ada peralatan pribadi seperti jaket windproof, sarung tangan, hingga kaos kaki untuk tidur dari Consina. Ini wajib dibawa ya, karena walaupun kamu pergi saat summer, cuacanya masih terasa dingin, terutama kalau berangin.

 

Outdoor gear dari Consina yang menyelamatkan kegiatan outdoorku

 
 
  • Beberapa camping lain aku beli di IKEA Iceland. Kita beli peralatan bersama seperti piring plastik dan sendok plastik buat makan.

    IKEA Reykjavík
    https://goo.gl/maps/rS6xbCFVT5m

 

6. Website penting yang perlu kamu ketahui!

Belajar dari pengalamanku yang ngalamin kejadian tenda roboh karena nggak merhatiin cuaca… kalian wajib banget mantau update-update dari website resmi Iceland disini, ya! Karena di alam bebas, perjalanan kita ini tergantung banget sama cuaca ataupun jalanan. Beberapa websitenya antara lain:

  • Perkiraan cuaca:
    en.vedur.is
    yr.no (bedanya yang ini lebih enak dibaca)

    (!) Penting banget untuk kita tau perkiraan cuaca ataupun kondisi angin disana, terutama kalau lagi camping. We’ve learned it the hard way, saat di South Iceland, tenda kita roboh karna tengah malem anginnya tiba-tiba kenceng banget. Akibatnya tenda kita juga rusak dan harus bayar extra damage fee saat dikembalikan. Seenggaknya informasi ini bisa membantu kamu membuat keputusan tentang camping maupun destinasi yang mau kamu hadiri selanjutnya.

  • Travel safely:
    safetravel.is
    Website ini memberi tahu real-time updates penting kejadian alam-alam yang mungkin perlu kita waspadai, seperti badai es, longsor es, jalanan ditutup, dan lain-lain.
  • Kondisi jalanan:
    road.is
    Penting untuk tau apakah ada jalanan yang sedang ditutup atau rusak, terutama berguna ketika musim dingin yang jalanan bisa banget ditutup sewaktu-waktu.
  • Drive safely:
    drive.is
    Informasi peraturan tentang membawa kendaraan di Iceland

Emergency number Iceland: 112

 

7. Bertransaksi di Iceland

Di Iceland kita bisa bepergian sambil cashless, karena semuanya udah serba gesek kartu, termasuk di daerah camping site yang letaknya jauh dari kota. Siapin aja kesediaan cash secukupnya sebagai cadangan, karena waktu itu aku sempet sekali kejadian alat kartu kreditnya rusak dan terpaksa bayar pakai cash.

 

 

8. Atraksi wisata

Semua tempat wisata di Iceland itu GRATIS aka nggak perlu pake biaya masuk!

Hot Pool Seljavallalaug; udah nggak bayar, nggak ada yang jaga pula! LOL

 

Kecuali, tempat wisata seperti Blue Lagoon yang harus bayar kurang lebih IDR satu juta. Hmm.. mahal banget, ya, tapi aku nemuin opsi pemandian air panas bagus yang harganya hampir setengah kalinya lho. Untuk atraksi wisata, bisa intip post aku tentang itinerary ku disana, ya.

Myvatn Nature Baths

9. Peraturan penting yang perlu diperhatikan saat road trip

  • Sejak 2015, turis nggak boleh lagi parkir sembarangan dengan campervan atau mobil dan tidur di kendaraan, semua kegiatan tersebut harus di lakukan di camping ground
  • Jalan Ring Road udah bagus banget serba aspol, berasa jalan tol aja gitu
  • Nyetir off road itu dilarang di Iceland, termasuk perbuatan illegal
  • Speed limit kendaraan adalah 90 km/h
  • Jaringan di road trip rata-rata selalu 4G, kecuali di tempat-tempat tertentu

     

 

 

 

Cheers,

Sabrina Anggraini

 

Related Iceland Posts

Road Trip Keliling Iceland + Camping: Itinerary 7 Hari