5 Kegiatan Wisata Yang Bisa Kamu Lakukan di Ciwidey

Weekend Getaway , West Java / October 7, 2018


 
Ciwidey itu cocok untuk kamu yang mau weekend getaway bareng keluarga maupun teman-teman. Terlebih lagi karena lokasinya yang nggak terlalu jauh dari Jakarta. Hanya dengan 1-1,5 jam perjalanan naik mobil dari pusat kota Bandung, kita sudah bisa merasakan nuansa hijaunya Ciwidey yang dekat dengan alam.
 
Aku selalu ingin mencari tahu wisata apa yang bisa kita lakukan dekat dari ibukota, dan menurutku kecamatan Ciwidey masuk list salah satu destinasi oke buat “kabur” dari hiruk pikuk ibukota Jakarta yang bisa dijangkau kalau weekend juga.
 
Di Ciwidey pun ada beberapa opsi wisata yang jarak satu tempat ke tempat lain nggak terlalu jauh. Bahkan waktu itu aku explore tempat wisata nomor 1 – 4 waktu dalam sehari dengan menyewa angkot rame-rame!
 
Nah, ini dia 5 kegiatan wisata yang bisa kamu nikmati di Ciwidey;
 

1. Penangkaran Rusa di Perkemahan Ranca Upas

 

Credit to Azis Pradana

 
Kami memulai perjalanan one day trip di Ciwidey dari Bumi Perkemahan Ranca Upas. Walaupun ini bumi perkemahan, kalaupun kamu nggak berniat untuk camping atau cuma pingin sekedar mampir, disini kamu bisa mampir ke penangkaran rusa.
 
Tempat-tempat rusa ini adalah tempat terkenal yang biasa dipake untuk syuting, mulai dari videoklip Raisa sampai film layar lebar. Kamu bisa beli wortel untuk ngasih makan si rusa-rusa disini. Mereka pun kelihatannya cukup lapar, karena setiap kali ditawarin wortel pasti langsung pada di kerubuti!
 
 
 
 
Kalau kamu mau lebih dekat dengan rusa, bisa juga sewa boots untuk dipakai jalan di area rusa yang penuh lumpur. Selain itu, kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah main outbond dan menikmati pemandangan pegunungan.
 
 
 
 
Budget
Wortel untuk memberi makan rusa: Rp 10.000/bungkus
Tiket Masuk/orang: Rp 10.000
Kendaraan Roda 2: Rp 2.000
Kendaraan Roda 3: Rp 5.000
Kendaraan Roda 6/Bus: Rp 20.000
 

2. Ke Perkebunan Teh Rancabali

 
 
Sepanjang jalan dari Bumi Perkemahan Ranca Upas ke arah Glamping Lakeside kita dapat melihat pemandangan perkebunan teh yang seger untuk di lihat! Nah, Rancabali merupakan salah satu spot yang oke dan lokasinya cukup proper untuk berhenti, letaknya kurang lebih hanya 15 menit perjalanan mobil aja dari Ranca Upas.
 
 
 
 
Kami markir angkot yang kita sewa di pinggir jalan, lalu turun untuk menikmati perkebunan Rancabali. Kebun ini merupakan tempat umum dimana siapa saja bisa masuk. Walaupun tidak ada orang yang jaga, tapi kita harus tetap menjaga kelesetarian lingkungannya dengan gak merusak atau membuang sampah sembarangan.
 
Disitu ada batu besar yang bisa jadi spot buat kamu-kamu yang pengen foto.
 
 
Budget
FREE!
 
 

3. Glamping Lakeside Rancabali

 
Ini dia glamping hits dimana kamu bisa camping luxury dengan biaya yang pastinya juga premium. Tapi kalaupun mau sekedar mampir dan nggak menginap, kamu bisa habiskan waktu sambil makan siang di Pinisi Resto. Pinisi Resto adalah restoran dengan bentuk mirip sepert kapal Pinisi, dimana dari sana kamu bisa melihat pemandangan Danau Situ Patenggang.
 
 
 
 
 
Di restorannya sendiri ada makanan mulai dari cemilan macem roti bakar, hingga makan berat yang disajikan dalam bentuk prasamanan. Waktu itu kami beli cemilan roti bakar dan makan berat, dan tempatnya lumayan untuk berhenti sambil menikmati pemandangan. Tapi tempat ini juga bisa rame banget lho ya terutama pada hari libur, karena sudah menjadi salah satu tempat yang diincar oleh turis lokal. Waktu itu pas kita sampe lagi rame banget soalnya.
 
 
 
 
 

Pemandangan Situ Patenggang dari Pinisi Resto

 
 
 
Budget
Biaya masuk: Rp 20.000/orang
Kartu akses masuk: Rp 5.000/kendaraan
Akses masuk untuk mobil: Rp 10.000/kendaraan
 

 4. Pemandian Air Panas Cimanggi

 
Konon katanya wajib mampir ke pemandian air panas kalau ke Ciwidey. Tapi karena waktu kami terbatas, sambil di jalan pulang kami cuma sempat mampir ke Pemandian Air Panas Cimanggi. Menurutku sih tapi tempat ini lebih cocok untuk keluarga ketimbang sama teman-teman karena saat aku kesana, areanya ramenya minta ampun dipadati oleh keluarga dan anak-anak. 
 
Tentunya masih banyak opsi pemandian air panas lain yang belum sempat kita eksplor, seperti Ciwidey Valley, Air Panas Ciwalini atau Kolam Air Panas Emte Highland Resort. Aku harap aku bisa explore pemandian air panas lainnya.
 

Selfie tidak berfaedah

  

Budget
Biaya masuk: Rp 20.000/orang (wajib dibayar walaupun kamu nggak berendam)
 
 

5. Kawah Putih

 
 

 
Ini dia destinasi di Ciwidey yang paling nge-hits! D isini kita bisa melihat pemandangan dari danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Nah yang unik dari Kawah Putih ini adalah air yang dimilikinya, dimana air di dalam kawah warnanya nggak bening tapi berwarna putih kehijauan. Air ini pun dapat berubah ubah sesuai dengan kadar belerang, suhu, dan cuaca yang terjadi pada saat itu.
 
Di weekend biasanya bahkan ada pasangan yang pre-wedding disini, makanya sekarang untuk pre-wedding kena biaya Rp 250,000. Aku sih cuma bisa ngeliatin dari kejauhan dan berdoa bisa nyusul, #eh.
 
 
 

Budget

Tiket masuk (lokal): Rp 20.000/orang

Tiket masuk (mancanegara): Rp 50.000/orang

Parkir bawah roda 2: Rp 5.000

Parkir bawah roda 4: Rp 6.000

Parkir bawah roda 6: Rp 25.000

 

 

Bonus: Jangan lupa beli markisa di pinggir jalan! Enak, lho.

 

Sekumpulan manggis yang kita temukan di pinggir jalan menuju arah balik dari tempat wisata ke guest house

 

 

Transportasi

Angkot kuning kita~

  • Kendaraan Selama di Ciwidey
Selama di Ciwidey sewa angkot selama 1/2 hari, dengan total Rp 250.000 dimana karena patungan berlima, kita cukup bayar 50.000/orang buat muterin Ciwidey seharian! 
 
Kita dapat kontak angkotnya angkoni dengan nanya langsung ke pemilik guest house kita, dan beliau memberi kita beberapa opsi kendaraan. Selain pake angkot, bisa sewa mobil atau mobil APV juga. Tapi tentu karena kita pengen lebih on budget, kita pilih angkot. Seru juga sih, karena selama perjalanan bisa melewati angin sepoy-sepoy!
 

Perjalanan naik angkot

 
 
  • Dari Bandung ke Ciwidey 
 Pergi pagi-pagi cukup worth it, karena pemandangannya indah. Kami pergi dari Bandung – Ciwidey dengan rental mobil yang ngedrop kita di Ciwidey. 

 
  • Dari Jakarta ke Bandung
Perjalanan kurang lebih 1 – 1,5 jam dari kota Bandung kesini menggunakan kereta.
 

View perjalanan kereta Jakarta – Bandung

 

Penginapan 

Di sepanjang jalan penanjakan ke Ciwidey, ada banyak sekali penginapan guest house di pinggir jalan yang kamu bisa langsung mampir kalau nggak lagi penuh. Tempatku menginap adalah Penginapan Pondok Jurang – Jl. Raya Ciwidey-Patengan KM 6, Jawa Barat.
 
 
 
 
 
 
 
Cheers,
Sabrina Anggraini