Segarnya Air Terjun Kedung Pedut di Kulon Progo

Weekend Getaway , Yogyakarta / October 14, 2018


 
Cerita ini bermula dari pinik asik Waduk Sermo selama dua hari satu malam. Keesokan harinya, kami berberes tenda untuk pergi explore wilayah Kulon Progo. Dari sekian banyak pilihan, akhirnya kami memilih untuk pergi ke Air Terjun Kedung Pedut buat “kabur” dari panasnya Jogja saat itu! Selain itu, Air Terjun Kedung Pedut pun dikenal karena gradasi warna airnya yang merupakan perpaduan hijau dan tosca.
 
Kami pun berangkat ke Waduk Sermo pada pukul 09.30 pagi… 
 
 

Tempat wisata di sekitar Air Terjun Kedung Pedut

Selama di perjalanan dari Waduk Sermo menuju Air Terjun Kedung Pedut, kami melewati banyak lokasi wisata yang sedang dikembangkan oleh warga setempat. Antara lain ada panorama Gunung Gajah, yang sebenarnya “selfie spot” yang view nya langsung ke pemandangan danau Kulon Progo yang cantik.
 
 

Pemandangan yang bisa dilihat dari sudut pandang Gunung Gajah

 
 
 

Air Terjun Kedung Pedut: Air Dengan Gradasi Warna Biru dan Tosca

Sesampai di kawasan wisata Air Terjun Kedung Pedut, kita harus berjalanan kaki menelusuri trek menuju air terjun selama kurang lebih 10 menit. Tapi tenang aja, jalanan trek nya sudah bagus dan banyak tangga, karena tempat wisata ini sudah di kelola dengan cukup baik sama warga setempat. 

 

Trek menuju air terjun

 
 
 
 
 
Air Terjun Kedung Pedut terkenal karena airnya memiliki gradasi antara dua warna, yaitu warna putih jernih dan hijau tosca. Ada air terjun utama dan beberapa air terjun kecil yang bisa kamu nikmati. Karena musim hujan, air terjun utamanya lagi deras banget, jadi kita nggak bisa nikmatin banyak dari air terjun utamanya. Pelajaran buat yang datang kesini, lebih disaranin kalau pas lagi musim kemarau. 
 
Walaupun musim hujan, saat itu cuaca lagi “labil” dan panas. Tapi panas-panas nyebur ke air terjun bikin seger banget!
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki kawasan wisata ini sudah terbilang cukup baik, antara lain:

  • Terdapat kamar mandi yang bisa jadi ruang ganti dekat air terjun, dan juga dekat pintu parkir 
  • Warung makan
  • Musholla

 

Budget

Biaya masuk: Rp 6,000/orang

Parkir kendaraan roda empat: Rp 10,000

*Budget tercatat per Februari 2018

 

Cara menuju ke Air Terjun Kedung Pedut

  • Jogja – Waduk Sermo

    Rute menuju Waduk Sermo bisa dibilang cukup mudah. Dari kota Yogyakarta, kamu bisa ambil arah dari Jalan Wates, kemudian ikuti jalan hingga ketemu patung kuda barat alun-alun. Dari situ bisa ambil arah menuju Waduk Sermo. Lokasinya pun mudah di akses, hanya terletak lima belas menit dari jalan utama. Waktu tempuh dari kota Yogyakarta ke Waduk Sermo kurang lebih 1 sampai 1,5 jam.

  • Waduk Sermo – Air Terjun Kedung Pedut

    Lokasi air terjun adalah 30 menit dari Waduk Sermo ke Air Terjun Kedung Pedut. Jalanan yang dilewati agak menanjak, dan saat itu jalanan masih banyak yang belum di aspal, jadi perlu agak hati hati. Belum lagi ketika di jalan sempit tersebut kita berpapasan sama orang yang juga bawa kendaraan roda empat.

 

 

 

Cheers,

Sabrina Anggraini