Masjid Kubah Emas, Wisata Religi Nuansa Timur Tengah di Depok

West Java / June 9, 2019


Hi guys! Sebelumnya aku mau ngucapin ke pembaca blog ku,

Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin! 

 

Berhubung masih nuansa Hari Raya Idul Fitri, aku mau cerita tentang salah satu masjid megah di Depok yang lagi rame-ramenya pengunjung saat libur lebaran. Ternyata masjid ini nggak cuma ramai terkenal sebagai tempat ibadah, tapi juga terkenal sebagai destinasi wisata religi favorit masyarakat sekitar.

  

 

Gimana enggak? Dengan kubah asli emas yang cantik, tempat dengan detil yang terinspirasi dengan masjid yang ada di Timur Tengah, dan fasilitas sekitar masjid yang nyaman tentu bikin orang-orang betah buat ambil foto disini.

 

 

 

  

Namanya Masjid Kubah Emas Depok, atau biasa dikenal sebagai Masjid Dian Al Mahri. Ya, sesuai namanya, masjid yang terletak di Jl Meruyung, Limo, Depok punya kubah yang terbuat dari emas asli. Dian Al Mahri pun sosok pendiri yang mendesain sendiri rancangan masjid ini, dan terbilang bahwa masjid yang diresmikan pada Desember 2006 ini memang terinspirasi dari gaya arsitektur Timur Tengah.

Hari itu, suasana sore hari lagi sangat sejuk. dipenuhi oleh warga yang kalau nggak foto-foto, lagi bersantai ria bareng teman-temannya. Karena ramai, aku pun setiap ambil foto perlu menunggu sebentar dulu, memastikan nggak ada orang yang berdiri di belakangku.

 

  

Terkenal buat kalangan turis

Setiap harinya, hampir 7,000 orang datang ke Masjid Kubah Mas. Wow!!!! Ternyata nggak cuma menarik perhatian traveler domestik, tapi turis mancanegara juga pernah kesini. 

 

Punya struktur bangunan yang kaya akan filosofi

Hal spesial dari masjid ini adalah setiap struktur bangunan masjid yang katanya punya arti tersendiri.

Misalnya, masjid ini mempunyai lima kubah berlapis emas, yang melambangkan rukun Islam. Selain itu juga mempunyai enam menara, yang melambangkan rukun iman dalam agama Islam.

 

 

Bisa ngapain aja di Masjid Kubah Emas?

  • Tempat ibadah

Ini sudah pasti, ya buat yang beragam Islam! Walaupun ini tempat wisata, sebagai pengunjung tetap respect sama yang lagi beribadah, ya!

 

 

  • Foto-foto di spot menarik setiap sudut

Oh ya, untuk masuk ke wilayah masjid setelah pagar (yang bawahnya lantai ubin), ditulis untuk menutup “aurat”. Jadi mungkin siapin untuk bawa minimal pashmina kalau mau masuk daerah ini, ya.

 

 

 

  • Toko makanan dan butik

Selain itu, Masjid Kubah Mas ini menyediakan aula untuk sarana pengunjung masjid sekadar beristirahat, toko makanan, vila, dan butik pakaian di dekat tempat parkir.

 

  • Ngabuburit saat bulan Ramadhan

Ternyata masjid ini kalau di bulan Ramadhan jadi salah satu spot ngabuburit favorit warga. Masjid yang luasnya 70 hektar ini pun punya area taman yang tertata. Telat taunya deh, aku, semoga tahun depan deh bisa coba ngabuburit disini!

 

 

Biaya masuk

Biaya masuk ke tempat ini Rp 15,000 per kendaraan, belum termasuk biaya parkir kendaraan di dalamnya dengan tarif standar.

 

Alamat

Jl. Raya Meruyung, Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat