Berlayar bersama Kapal Phinisi Pertama di Jakarta

Jakarta / June 25, 2019


 

Ah.. Kapal Phinisi. Sosok kapal klasik kebanggaan Indonesia yang biasa aku liat di beberapa spot pesisir Labuan Bajo atau Sulawesi. Bentuknya unik, dan sebagian besar rangkanya dari kayu bikin penasaran untuk nyoba naikin suatu saat. Aku pikir, menarik sepertinya untuk coba sensasi naik kapal phinisi kapan-kapan.

Nggak disangka, ternyata tempat pertama kali aku ngerasain nuansa Kapal Phinisi malah di Jakarta! Yep, aku menaiki kapal de Sartika yang dioperasikan oleh @jakartaphinisi &  @trizararesorts.

 

Menghabiskan weekend di Jakarta dengan cara yang ber beda

Aku tengah menaiki kapal Phinisi de Sartika, salah satu dari dua kapal milikJakarta Phinisi.

Dari rumah, aku pergi ke Baywalk Mall. Ini pengalaman pertamaku kesini bagiku, karena biasanya kalau mau ke dermaga wisata ke pulau seribu palingan berangkatnya dari Dermaga Ancol atau Muara Angke.

Meeting point di Dermaga Baywalk Ancol jam 3 sore. Kita akan berangkat sore, melihat sunset sampai malam. Di dermaga Baywalk pun ternyata tempatnya pewe juga buat nongkrong, selain karena lokasinya diluar mall, ada tempat duduk yang pewe dan jajanan pasar Jakarta.

 

 

Dari Dermaga, kita nyebrang menggunakan kapal “getek” menuju kapal Phinisi. Sesampai di kapal, kami disambut dengan welcome drinks.

 

 

Dermaga Baywalk Mall

 

Perjalan santai menikmati suasana laut dan sunset selama 3 jam

Laut Jakarta? Lautnya “butek” ya pasti? Hmm, jangan understimate dulu! Memang sih, warnanya nggak sebiru NTT, tapi mungkin bedanya laut Jakarta sama Labuan Bajo dijalan kamu akan berlayar sambil ngeliat pemandangan gedung-gedung. Kadang-kadang ngerasa sensasinya kayak di Marina Bay nya Singapura dimana pemandangannya gedung-gedung dan Marina Bay Sands. Hahaha!

 

My review: Pengalaman yang cocok buat nyantai

Perjalanan naik kapal phinisi Jakarta ini biasanya mengarah ke kepulauan seribu untuk sekedar mampir sebentar, ataupun hanya melihat sunset tanpa mampir ke pulau tertentu. Tergantung waktu keberangkatannya kapan.

Namun perjalananku kali ini nggak berhenti di pulau manapun dan hanya berlayar sambil menikmati sunset point dekat dengan pulau bidadari. Disini aku santai sambil menikmati suasana lautan.

 

 

Explore keunikan interior dan eksterior kapal Phinisi

Aku mengambil waktu untuk menikmati interior kapal Phinisi ini yang di dalam beberapa ruangan terdapat ukiran-ukiran batik nusantara. 

Fasilitas yang tersedia di kapal

  • Toilet

  • Musholla

  • Makanan prasamanan

  • Ruang makan

  • Beanbag rooftop

  • Peralatan live music (ya, siapa tau kalau ada yang mau karaoke :P)

 

Musholla

Ruang makan ataupun nongkrong ditengah kapal

Pemandangan City lights Jakarta dari kapal

 

Rooftop kapal untuk acara

Selain buat santai-santai, rooftop ini bisa dipakai untuk berbagai acara. Saat itu suasana kapal jadi lebih hidup karena ada live music.

Perjalanan kapal ini juga sangat steady, buktinya kita tetep bisa heboh di rooftop.

Sore ke malam, kami menghabiskan waktu dengan mendengarkan live music sambil santai di bean bag. Memang adem deh suasananya!

 

Pro tip: Buat yang nggak nyewa kapalnya buat acara private, pas sampe di kapal, buruan “tag” tempat duduk bean bag barisan paling depan sebelum diambil orang. Pemandangannya paling maknyus, tuh! Hahaha.

 

 

Biaya & Cara Booking

  • Sewa untuk keperluan acara

Phinisi de Kartika bisa disewakan untuk kegiatan MICE.

Sementara Phinisi de Santika bisa disewa untuk kegiatan privat. Misalnya ulang tahun, acara-acara pribadi, atau bahkan.. wedding! Asik juga kan ngebayanginnya? 

  • Harga individu

Biayanya bisa start 800k (Bisa dapet diskon sih kalau beli di aplikasi online marketplace tertentu, yang logonya ijo atau yang biru itu, loh! Hahaha.)

Tiket dapat dipesan dengan menghubungi Mia – 081262232884.

 

  • Instagram:

@jakartaphinisi

@trizararesorts

 

 

Cheers!

Sabrina Anggraini