Keindahan Pantai Mekaki, Surga Tersembunyi di Sekotong, Lombok Barat

West Nusa Tenggara / June 30, 2019


 

Kalau bicara tentang Lombok, mungkin kita sudah familiar sama yang namanya Pantai Kuta, Pink Beach, atau Pantai Serong Belanak.

Tapi ini aku ingin menceritakan sebuah pantai tersembunyi yang luas dan cantik banget di daerah Sekotong, Lombok Barat.

Saat itu aku memutuskan untuk mencari pantai-pantai cantik tersembunyi Lombok dengan menelusuri pesisir Lombok dari bagian Barat, Tengah hingga Selatan naik motor. 

Dan di tulisan ini, pantai aku mau ceritain salah satu pantai yang aku explore disana aja. Yaitu pantai yang PALING aku suka dari semua pantai yang aku kunjungi.

(Nanti akan ada satu post khusus pantai-pantai yang aku explore seharian penuh itu, ya!)

 

Pantai Mekaki, atau dikenal sebagai Teluk Mekaki.

 

 

Dari Desa Batu Putih di Sekotong Barat, aku naik motor menuju Pantai Mekaki dan menempuh sekitar 30-40 menit untuk sampai kesana. 

Inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam perjalanan kamu ke Pantai Mekaki:

 

1. Menikmati perjalanan itu sendiri: Pemandangan Pantai Mekaki dari atas

Kalau kita ambil arah dari Lombok Barat menuju Lombok Tengah lewat jalur pesisirnya, kita bisa melihat pemandangan  alamPantai Mekaki dari atas. Mulai dari perbukitan, peternakan, dan bahkan beberapa pulau kecil Gili, yaitu Gili Nanggu, Gili Gede, dan Gili Penyu.

Jalan menuju Pantai Mekaki ini dibuat di atas pegunungan Sekotong, sehingga ketika menuju kesana, aku disuguhkan pemandangan dataran tinggi Sekotong yang cantik banget. Kita bisa melihat pesisir Pantai Mekaki dari atas sini.

View jalanan saat sudah dekat Pantai Mekaki

 

2. Rileks sejenak menelusuri pesisir pantai yang panjang

 

Begitu aku sampai di Pantai Mekaki…..

krik-krik!

Gak ada orang.

Saat itu aku hanya menemui 2 orang turis mancanegara yang nampaknya sedang berjemur. Akhirnya aku duduk untuk bersantai di pantai ini.

 

 

Hamparan pesisir Pantai Mekaki pun sangat panjang, sehingga kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan menelusuri pesisirnya. Oh, ya, kadang Pantai Mekaki ini suka jadi tempat untuk acara, seperti Mekaki Marathon 2018.

Saat itu aku pun ikut menghabiskan waktuku sambil duduk, dan suasananya yang sunyi, indah, memang cocok untuk rileks dan melepas beban pikiran.

 

3. Tempat untuk berselancar

Selain cantik, Pantai Mekaki juga merupakan salah satu tempat yang pas untuk melakukan olehraga surfing. Ombaknya saat itu lumayan. Tapi kurang disarankan berenang di pantai untuk yang nggak bisa berenang, takut arus ombaknya terlalu deras.

 

 

4. Menikmati foto-foto

Pasir putih, laut biru lepas, tentunya alasan kuat buat mengambil ambil foto di tempat ini. 

 

 

 

Cara Menuju Pantai Mekaki

Buat ke Pantai Mekaki, kamu bisa menggunakan motor ataupun mobil. Tapi kalau dari arah Mataram, waktu yang ditempuh akan cukup lama yaitu sekitar 1,5 – 2 jam. Dari Mataram, bisa ambil arah ke Sekotong Barat terlebih dahulu, baru lanjut lagi ke Pantai Mekaki.

Karena melewati pesisir, perjalanan ini akan naik turun. Kamu juga bakal ngelewatin beberapa jalan bebatuan, tapi masih termasuk aman untuk dilewati. Nah, ada beberapa yang bisa lewati ke Pantai Mekaki:

 

 

Biaya

Tiket masuk: Rp 5.000

Biaya parkir kendaraan

Motor: Rp 5.000

Mobil: Rp 10.000,- dan bus sebesar Rp 20.000

 

 

Cheers,

Sabrina