Petualangan Perdana Bersama Jejak Petualang: Halo Maumere!

East Nusa Tenggara , Jejak Petualang / October 4, 2019


 

Wah, udah lama bgt aku gak nulis di blog! Sebenernya aku ngerasa bersalah banget sih meninggalkan blog dan nggak rutin update tulisan, karena awalnya aku nggak pengen blogku jadi platform mood-mood an “kalo pengen nulis aja”.

Biasanya kalo lagi perjalanan, aku sering “nabung” tulisan di evernote. Tapi ya masalahnya nulis doang, gak aku post-post! Btw ini aku nulisnya pas lagi di pesawat LOL.

Walaupun belum langsung siap di post, tapi seenggaknya dengan nulis di Evernote, beberapa poin pesan yang aku mau sampaikan ataupun perasaanku saat itu udah terekam.

Semoga abis ini bisa disiplin ikutin jadwal!

Dah yak, panjang bener intronya. Langsung aja, aku mau cerita nih…

 

Petualangan perdanaku bersama Jejak Petualang!

Sebagai postingan pertama setelah beberapa bulan, disini aku mau bercerita soal kegiatan yang lagi aku geluti baru-baru ini.

Sudah beragam destinasi aku kunjungi dan Jejak Petualang Trans 7 beberapa bulan terakhir.

Tapi sebelumnya, aku mau bilang aku bersyukur banget bisa jadi bagian dari program ini karena dari dulu aku udah punya hobi traveling dari dulu (yap, bisa dilihat dari postingan sebelumnya). Namun, traveling pun definisinya luas banget. Bisa kuliner. Bisa urban, outdoor, lifestyle, adventure.

Banyak acara traveling di Indonesia tapi ini sebenarnya favoritku. Program dokumenter bertema petualangan pertama di Indonesia. Aku mengenalnya sejak hostnya kak Riyanni Djangkaru dan Medina Kamil.

 

Aku pribadi ngerasa program ini cocok banget sama aku, karena disini aku bisa mengeksplor kearifan lokal Indonesia.

 

Gimana ceritanya bisa masuk Jejak Petualang?

Ssama seperti orang pada umumnya, aku ikutan casting, prepare dan modal Bismillah. Puji syukur, akhirnya aku dapat panggilan setelah beberapa bulan setelah bulan Ramadhan, dimana saat itu langsung ditanya bisa gak minggu depan untuk ikutan trip.

 

 

Halo, Pesisir Maumere!

Trip pertamaku bersama Jejak Petualang membawaku pergi ke Maumere, Nusa Tenggara Timur. Walaupun sudah pernah roadtrip di Flores sebelumnya, tapi ini kali pertamanya aku ke kota Maumere.

 

Jadi setelah beberapa bulan, gimanar rasanya jadi host acara petualang?

Di trip pertama ini aku beradaptasi dan belajar mengenai proses kerja liputan. Sebagai Travel Host memang mindset dari awal adalah ini bukan jalan-jalan, tetapi bekerja.

Ternyata banyak sekali pelajaran yang bisa didapatkan dengan menjadi host acara petualang.

Mulai dari bagimana aku bisa lebih peka ke lingkungan sekitar agar banyak yang bisa diceritakan karena memang disini kita berbicara tanpa script, hanya dibantu beberapa pointer inti yang mau diceritakan oleh reporter dan bahkan selebihnya kita bebas berimprovisasi. Selain itu, kita di tuntut bisa berbaur dan berinteraksi dengan masyarakat lokal, serta cepat beradaptasi dengan lingkungan—karena bagian dari pekerjaan kita adalah bertemu dengan banyak orang.

Selain pikiran, berpetualang ini juga membutuhkan stamina yang kuat. Seringkali perjalanan menuju lokasi itu cukup panjang. Kemudian persiapan item liputan juga perlu koordinasi dengan warga lokal dan juga menyesuaikan keadaan alam.

Menurutku benar sih, pekerjaan ini nggak buat semua orang! Harus benar-benar punya passion.

Namun dengan segala tuntutan yang ada, adalah bagaimana kita bisa enjoy! Aku masih harus terus belajar agar bisa terus bercerita. Nggak bisa cepet puas.

Seenggaknya itu yang aku pelajari sekarang! More to come, I guess…

 

Dan ini dia episode perdana ku di Jejak Petualang: Kelana Pesisir Maumere

 

Part 1

Part 2

 

Cheers,

Sabrina